OpenAI dan Microsoft Kucurkan 10 Juta Dolar ke 5 Media

WWW.SINYALMAGZ.COM –  Media di Amerika Serikat tak tinggal diam dengan hadirnya generatif AI yang diusung oleh ChatGPT sebagai pemain besarnya. Beberapa saat lalu Center for Investigative Reporting, The New York Times, The Intercept, Raw Story, dan AlterNet menuduh ChatGPT dan beberapa AI menjiplak berbagai artikel dari media.

Beberapa media menuduh ChatGPT menjiplak artikel mereka, dan gugatan lainnya berpusat pada pengambilan konten web untuk pelatihan model AI tanpa izin atau kompensasi. Media lain telah memilih untuk bernegosiasi; Condé Nast adalah salah satu yang terbaru yang menandatangani kesepakatan dengan OpenAI untuk hak atas konten mereka.

Mungkin akan muncul lagi gerakan penuntutan atas konten-konten yang diambil oleh generatif AI. Namun jalan tengah segera diambil oleh OpenAI dan Microsoft.

Keduanya memutuskan untuk mendanai proyek yang akan menghadirkan lebih banyak perangkat AI ke ruang redaksi. OpenAI dan Microsoft akan memberikan hibah hingga 10 juta dolar kepada Chicago Public Media, Minnesota Star Tribune, Newsday (di Long Island, NY), The Philadelphia Inquirer, dan The Seattle Times.

Setiap media akan mendapat bantuan personel yang akan menggunakan AI selama dua tahun untuk mengembangkan proyek guna menerapkan teknologi dan meningkatkan keberlanjutan bisnis.

Rinciannya masing-masing akan menyumbang 2,5 juta dolar dalam pendanaan langsung serta 2,5 juta dolar dalam bentuk perangkat lunak dan kredit perusahaan. Kabarnya Lenfest Institute of Journalism bekerja sama dengan OpenAI dan Microsoft dalam proyek tersebut.

Lumayan dapat pendanaan baru.(*)

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled