Samsung dan Apple Pimpin Pengiriman Smartphone

WWW.SINYALMAGZ.COM –  Fakta menunjukkan produsen smartphone China mulai terlihat ngos-ngosan. Walaupun secara brand jumlah produsen smartphone mamg masih dikuasai oleh negeri tirai bambu. Namun sepanjang 2024 hingga kuartal ketiga, tidak ada satupun yang mampu menandingi pengiriman produk buatan Samsung dan Apple.

Xiaomi hanya bertahan di urutan ketiga dan tidak pernah menyentuh dominasi dua brand di atas. Di bawah Xiaomi ada Oppo dan vivo.

Laporan ini dapat dilihat dari riset Canalys. Walaupun secara keseluruhan jumlah pengiriman dari berbagai brand mengalami peningkatan. Yang berarti ada permintaan pasar yang tumbuh pula.

Canalys menerbitkan laporan pendahuluannya tentang pasar ponsel pintar global pada Q3 2024, dan laporan tersebut menunjukkan pengiriman tumbuh secara berurutan dan tahunan.

Menurut para analis, siklus penggantian yang sedang berlangsung merupakan pendorong utama dari Juli hingga September karena persaingan menjadi lebih ketat dari sebelumnya. Samsung tetap berada di puncak, tetapi hampir tidak mempertahankan posisi pertamanya untuk Q3, karena Apple memiliki pangsa pasar yang sama ketika persentase dibulatkan ke angka bulat.

Xiaomi, Oppo, dan vivo melengkapi 5 teratas, tetapi semua mata tertuju pada Apple, karena perusahaan AS tersebut mencapai volume tertingginya pada kuartal ketiga. Ada permintaan yang kuat untuk iPhone 15 dan perangkat baru yang diharapkan akan mendapatkan Apple Intelligence kapan saja bulan ini.

Namun, alasan utama peningkatan pengiriman Apple adalah pergeseran pasar ke perangkat premium. Performa iPhone 16 diharapkan dapat membantu Apple kembali menjadi perusahaan ponsel pintar terkemuka pada Q4 dan mempertahankan momentumnya pada H1 2025 setelah memperluas fitur AI-nya ke lebih banyak pasar seperti Eropa dan China, yang harus menunggu sebentar.

Namun secara keseluruhan, Apple, Xiaomi dan vivo bisa menaikkan market share dibandingkan periode sama tahun 2023.

BRAND Q3-2023 Q3-2024 NAIK/TURUN
SAMSUNG 21% 18% TURUN 3%
APPLE 17% 18% NAIK 1%
XIAOMI 13% 14% NAIK 1%
OPPO 10% 9% TURUN 1%
VIVO 8% 9% NAIK 1%
LAIN-LAIN 32% 32% TETAP

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled