Pengenalan Pelanggan Telkomsel

Telkomsel ikut memelopori pelaksanakan uji coba teknologi biometrik pengenalan wajah (facerecognition), memfasilitasi proses registrasi kartu SIM prabayar dan ganti kartu melalui mesin layanan mandiri Telkomsel. Leyanan lewat MyGraPari dan GraPari Online ini lebih aman, cepat, dan efisien bagi pelanggan.

Sejak peluncuran MyGraPari pada 2015, diterapkan teknologi scan eKTP dan fingerprint untuk validasi identitas pelanggan saat penggantian kartu SIM yang cepat, akurat, dan mudah. Teknologi ini diharapkan melengkapi metode validasi yang ada, seperti penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Saat ini setiap penyelenggara jasa telekomunikasi wajib menerapkan prinsip know yourcustomer (KYC), memastikan perlindungan data pribadi pelanggan. Melalui teknologi biometrikpengenalan wajah, tantangan terkait validasi identitas dapat efektif teratasi.

“Seluruhnya diharapkan dapat melaksanakan kewajiban sebaik-baiknya,” kata Wayan Toni Supriyanto, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo, Wayan Toni Supriyanto.

Kata Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit, inovasi ini   menghadirkan konektivitas, layanan dan solusi yang unggul, mudah, nyaman dan aman bagi seluruh pelanggan. Juga mendukung penerapan standar KYC, memastikan validitas data pelanggan,mengurangi risiko penipuan dan penyalahgunaan identitas pelanggan yang kerap terjadi saat ini.

Dalam uji coba di GraPari Online dan MyGraPari, pelanggan dapat melakukan registrasi kartu prabayar dan ganti kartu dengan mudah dan aman melalui proses yang terjamin keakuratannya. Teknologi ini memverifikasi identitas pelanggan melalui pemindaian wajah yang dicocokkan dengan data kependudukan yang ada di Dukcapil, memastikan bahwa pelanggan yang mendaftar merupakan pemilik identitas yang sah.

Pelanggan pun dapat mandiri melakukan berbagai transaksi, seperti registrasi kartu, ganti kartu, dan pembayaran tagihan. Adanya asisten virtual Veronika dengan teknologi AI memperkaya pengalaman digital pelanggan, kemudahan akses layanan kapan saja dan di mana saja.

Telkomsel optimis inovasi ini akan meningkatkan akurasi dalam proses registrasi kartu SIM. Juga efektif mencegah penyalahgunaan data pelanggan dalam berbagai modus penipuan dan aktivitas ilegal seperti judi online. (*)

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled