Lakukan 4 Cara Ini Saat MicroSD Kamu Rusak

SINYALMAGZ.com – Seperti kita ketahui, biasanya kapasitas penyimpanan eksternal pada smartphone dapat dimanfaatkan dengan menyematkan kartu microSD, untuk menyimpan dokumen dan data di luar kapasitas internal smartphone.

Variannya juga beragam, mulai dari yang paling kecil 8 GB hingga yang paling besar 512 GB.

Namun terlepas dari kegunaannya, microSD seringkali “damage” atau gagal saat membaca dokumen yang hendak disimpan. Kegagalan ini menyebabkan data yang disimpan terkorupsi, dan membuatnya hilang. Otomatis, microSD langsung rusak.

Nah, bagi kamu yang mengalami kejadian tersebut, jangan panik. ada beberapa trik untuk bisa membuat kartu microSD kamu hidup kembali. Bagaimana caranya?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut caranya.

1. Bersihkan MicroSD

Cara pertama adalah dengan mengeluarkan microSD dari smartphone untuk dibersihkan. Setelah dikeluarkan, bersihkan lempengan tembaga di bagian atas microSD dengan penghapus pensil berwarna putih.

Atau, kamu juga bisa menggunakan kain bermaterial microfiber dan mengusap lempengan tembaga secara perlahan hingga bersih.

Jika sudah bersih, coba kembali masukkan microSD ke dalam smartphone, dan cek apakah sudah bisa terbaca atau belum.

2. Format ulang

Opsi lainnya adalah dengan melakukan format ulang dari smartphone. Caranya, pastikan microSD masih tersimpan di dalam smartphone kamu. Setelah itu, kamu bisa langsung ke menu Settings > Storage.

Di dalam menu, pilih opsi “Erase SD Card”. Dengan begitu, microSD akan terformat ulang secara otomatis.

3. Cek dari PC

Kamu juga bisa mengecek kondisi microSD dari PC. Caranya adalah, pertama-tama hubungkan smartphone ke PC atau laptop dengan kabel data. Setelah itu, pastikan smartphone terhubung dalam modus “Mass Storage Mode” (MSC).

Kemudian buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada Drive kartu memori, dan pilih Properties > Tools > Error Checking. Kemudian, tunggu proses pengecekan hingga selesai.

Setelah proses rampung, eject kartu memori. Dan pastikan apakah sudah terbaca atau belum.

4. Format dari PC

Jika kamu mengalami kejadian di mana microSD terbaca di komputer, namun tetap error di smartphone, lakukan format ulang microSD dari PC.

Caranya, kamu harus melakukan backup dokumen dari microSD ke folder baru. Kalau bisa, backup dokumen ke folder di hard disk.

Berikan nama yang mudah diingat. Karena folder baru tersebut akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi microSD yang rusak.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled