WhatsApp Update Dukungan Sticker di Dalam Obrolan

SINYALMAGZ.com – Persaingan layanan pesan instan saat ini semakin ketat. Meski WhatsApp menempati posisi tertinggi untuk layanan messenger, namun ada beberapa kekurangan pada WhatsApp dibandingkan aplikasi lain.

Salah satu kekurangan WhatsApp adalah dukungan sticker di dalam obrolan, di mana aplikasi lain seperti Line dan BBM sudah mendukung sticker sejak lama.

Dilansir dari Phone Arena, Jumat (26/10/2018), sticker merupakan salah satu fitur terpenting yang direncanakan oleh pengembang WhatsApp. Denggan fitur sticker, maka aktivitas obrolan pun bisa semakin seru dan menarik.

Pada dasarnya, peran sticker pada obrolan sama seperti emoji. Namun sticker lebih ekspresif dibanding emoji.

Selain itu, ukuran sticker juga lebih besar serta dapat beranimasi, sehingga sticker dianggap lebih menyenangkan dan lebih hidup dibandingkan dengan emoji.

Maka tak heran jika WhatsApp diharapkan dapat meningkatkan level di bidang itu dalam waktu dekat. Apalagi perusahaan juga telah mengumumkan dukungan sticker, sehingga mereka akan serupa dalam hal fungsi seperti yang telah kita lihat di aplikasi pesan lain.

Untuk mengakses fitur sticker, kabarnya pengguna iOS dapat mengakses fitur stiker melalui sub-menu tambahan di bagian aplikasi yang digunakan untuk mengirim foto dan video.

Sementara untuk pengguna Android, dapat mengakses stiker melalui sub-menu baru yang telah ditambahkan ke bagian emoji.

Selain itu, WhatsApp juga telah mengumumkan bahwa mereka akan mendukung paket sticker pihak ketiga. Ini artinya, jika yang default tidak sesuai dengan keinginan kamu, maka kamu dapat menemukan alternatif dan variasi dari pembuat pihak ketiga.

Strategi ini sebenarnya telah bekerja dengan baik untuk aplikasi pesan LINE Naver, di mana perusahaan lain seperti Disney telah meluncurkan berbagai sticker untuk aplikasi tersebut.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled