Memotret Indahnya Air Terjun

sinyal.co.id

Indonesia punya banyak wilayah pegunungan berikut air terjunnya. Udara segar dan dingin, kucuran dan cipratan air terjun yang indah, tentu sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa  tips memotret indahnya air terjun.

1. Lebih awal.

Sebagai daerah wisata, tentu banyak masyarakat berkunjung. Jika telat, Anda akan sulit mendapatkan posisi enak untuk mendapat foto bagus. Datang lebih awal, bisa mendapatkan titik terbaik untuk memotret. Jika ramainya pengunjung tak bisa disiasati, tunggu saat agak lebih sepi, bahkan lakukan croping jika dibutuhkan. Waktu terbaik sebelum jam 10 pagi, saat warna matahari masih hangat dan pengunjung belum ramai.

2. Sesudah hujan.

Selain pagi, waktu terbaik memotret air terjun adalah setelah hujan turun. Aliran air akan lebih deras, daun-daun lebih segar. Namun kenali juga karakter sungai, karena ada yang airnya malah menjadi keruh setelah hujan.

3.Scene.

Jika ada pengaturan manual, atur ke kecepatan rendah agar foto aliran air tampak halus, dengan batu dan pohon tetap tajam. Jika tak ada mode manual, pilih Scene slow motion atau sejenisnya. Bisa juga dengan download aplikasi, misalnya Camera FV-5 Lite .

4. ISO rendah.

Pakai ISO rendah (100 atau 200) untuk mengurangi noise. Memotret di luar ruang tentu cahaya mencukupi, jadi tak usah khawatir foto akan gelap.

5. Stabil.

Agar hasil foto air terjun tampak halus, kamera harus stabil. Sandarkan ponsel pada benda kokoh, seperti batu atau kayu, atau tripod kalau ada.

6. Manusia.

Agar foto lebih hidup, tambahkan obyek manusia ke dalam foto, misalnya sedang kedinginan atau bermain air.

7. Objek menarik.

Tambahkan obyek menarik lain dari benda di sekitar, misalnya daun merah kekuningan, batu berlumut, atau mungkin ranting, agar komposisi foto lebih menarik.

8. Lindungi.

Bungkus ponsel dengan plastik bening atau tas anti air karena besarnya resiko kecipratan air. Siapkan lap untuk membersihkan cipratan air yang akan selalu muncul. Lindungi diri Anda sendiri dari lingkungan yang licin. (Wahyu)

live in Java Jazz

 

 

 

 

 

Live in Java Jazz by @roti_coklat9

roti_coklat9Him & His BikeHim & His Bike by @ariedwiutomo

ariedwiutomoharapan abstrakHarapan abstrak by @jamilah_wae

jamilah_waepergantianPergantian Siang Malam by @ihsanudn

ihsanudnhijauHijau by @setiyokoagus

setiyokoagusold friendMy old friend @andra_photo

andra_photoUnder the lightUnder the light by @hai.razi

hai.raziTumpak Sewu WaterfallTumpak Sewu Waterfall by @bolangdekil

bolangdekil

Tags:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled