Garansi Ponsel, Pentingkah?

sinyal.co.id

warranty iconJika membeli ponsel baru, pasti Anda akan menemukan kartu garansi dalam paket penjualannya. Nah, garansi yang ditawarkan biasanya bermacam-macam. Ada garansi resmi, garansi toko, sampai garansi internasional yang biasanya berlaku pada iPhone yang belum masuk resmi ke Indonesia. Nah, sebenarnya seberapa penting garansi pada ponsel Anda?

Garansi adalah keterangan produk dari produsen berupa jaminan bahwa produk tersebut bebas dari kesalahan pekerja dan kegagalan bahan. Umumnya, garansi hanya berlaku selama satu tahun. Garansi akan bisa diklaim apabila terjadi kecacatan pada produk yang Anda beli.
Biasanya, ketika membeli ponsel, Anda akan diminta mengisi data pribadi untuk keperluan garansi. Selanjutnya kartu itu akan dikirim ke produsen untuk dicatat tanggal mulai periode garansinya. Jadi, pastikan untuk mengisi keterangan di kartu garansi ketika Anda membeli ponsel baru.

Di Roxy, Anda bisa menemukan berbagai macam status garansi. Yang paling menjanjikan adalah garansi resmi yang datang langsung dari produsennya. Bila terjadi sesuatu dengan ponsel yang dibeli, Anda bisa langsung membawa ponsel Anda dan kartu garansinya ke service center terdekat. Di sana, ponsel Anda akan ditangani.

Garansi distributor juga dapat Anda temukan di Roxy. Memang tidak ada patokan bahwa garansi distributor tidak sebagus garansi resmi. Namun untuk ponsel tertentu, keberadaan garansi distributor menyebabkan produk tersebut diragukan keasliannya. Apalagi kalau ternyata produksinya sudah dihentikan oleh vendornya. Misalnya pada iPhone.

SINYAL mendapati pengunjung yang sedang membeli iPhone 4 di Roxy. Ponsel tersebut terbungkus rapi dalam kotaknya. Terdapat juga stiker garansinya. Ya, itu adalah garansi distributor. Menariknya, belakangan iPhone 4 sudah tidak diproduksi oleh Apple. Jadi tidak dapat dipastikan apakah ponsel tersebut benar-benar baru atau rekondisi.

Lain halnya dengan Oki. Ia rela membeli iPhone 4 bekas yang sudah digunakan selama tiga tahun. Untuk saat ini, ia tidak mementingkan garansinya. Menurutnya, ponsel yang dibeli dari temannya itu masih asli. Ia yakin ponsel itu akan awet meski sudah tiga tahun digunakan.

Perlu Anda ketahui, garansi adalah hak Anda sebagai konsumen. Apabila Anda tidak siap dengan konsekuensi-nya, lebih baik mengandalkan ponsel yang memiliki garansi resmi. Pentingnya garansi membutuhkan kesadaran Anda dalam menilainya. Jadi, memasuki tahun baru, jangan abaikan hak Anda sebagai konsumen sebuah produk.  Patardo

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled