XL Axiata Pertahankan Pertumbuhan Pelanggan, Pendapatan Naik

SINYALMAGZ.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengklaim kenaikan jumlah pelanggan pada 2018, di saat dua operator besar lain melaporkan penurunan.

Menurut info memo XL Axiata menyatakan, jumlah pelanggan XL di tahun 2018 sebanyak 54,5 juta nomor, yang terdiri dari 53,7 juta pelanggan prabayar dan 804.000 pelanggan pascabayar.

Jumlah pelanggan XL Axiata ini naik dari 53,5 juta nomor pada tahun 2017 lalu.

Salah satu faktor pendorong peningkatan jumlah pelanggan, menurut siaran pers XL Axiata adalah, peningkatan pengguna layanan data.

Jumlah pengguna layanan data XL bahkan mencapai hingga 40,1 juta nomor.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa XL Axiata telah berhasil mempertahankan laju pertumbuhan jumlah pelanggan di bawah tekanan dampak program registrasi nomor prabayar yang telah dicanangkan oleh pemerintah, yang berlangsung pada Oktober 2017 hingga April 2018.

Dua operator besar lain, yakni PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Indosat Tbk. (Indosat Ooredoo) justru melaporkan penurunan jumlah pelanggan.

Jumlah pelanggan Telkomsel turun dari 196,32 juta nomor menjadi 192,75 juta pada 2018. Sedangkan jumlah pelanggan Indosat merosot dari 110,2 juta nomor pada 2017 menjadi 96,2 juta nomor pada 2018.

CEO XL Axiata, Dian Siswarini, menyatakan bahwa fokus perusahaan memperkuat porsi layanan data, penerapan dual-brand, dan penguatan jaringan secara berkelanjutan menopang kinerja positif XL.

Pendapatan XL naik 4 persen year-on-year (YoY) menjadi Rp 5,5 triliun pada kuartal pertama tahun 2018. EBITDA perusahaan pun naik 7 persen year-on-year (YoY) menjadi Rp 2 triliun dengan peningkatan margin sebesar 1 persen menjadi 36,1 persen.

Pengguna Layanan Data XL Axiata di Kalimantan Barat Naik 106 Persen

Sementara itu, Group Head Jabo Region XL Axiata, Bambang Parikesit, mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur di Kalimantan Barat (Kalbar) terus ditingkatkan untuk mengakomodir peningkatan trafik.

“Tercatat sejak akhir tahun 2017, konsumsi pengguna layanan data XL Axiata di Kalimantan Barat meningkat hingga 106 persen, termasuk sebanyak 69 persen pengguna layanan data menggunakan jaringan 4G LTE.”, tutur Bambang, saat Silaturahmi dan Media Update XL Axiata, di Hotel Ibis Pontianak, pada Desember 2018 lalu.

Bambang menyebutkan, saat ini jumlah pelanggan yang menggunakan layanan data telah mencapai lebih dari 300 ribu pengguna.

Salah satu faktor pendorong peningkatan pelanggan dan trafik data adalah diluncurkannya sejumlah program yang menarik, yang mampu memberikan benefit lebih bagi pelanggan. Peningkatan trafik terjadi hampir di semua kota/kabupaten.

“Trafik tertinggi antara lain terjadi di Kota Pontianak, Kota Singkawang, Sambas, serta Kapuas Hulu.”, ungkap Bambang.

XL Axiata berkomitmen akan terus melakukan sosialisasi manfaat layanan data di daerah-daerah yang dinilainya masih belum maksimal penggunaannya.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled