Ini Yang Akan Terjadi Jika Manusia Tinggal di Planet Mars

SINYALMAGZ.com – Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa jika manusia tinggal di planet Mars, di masa yang akan datang, maka akan mengalami sejumlah dampak kesehatan yang sangat serius.

Dilansir dari laman Mirror, Jumat (5/10/2018), studi yang digagas oleh ilmuwan asal Georgetown University itu mengklaim jika nanti ada astronot yang akan mengeksplorasi Mars, maka mereka akan mengalami sejumlah dampak kesehatan yang sangat membahayakan. Mulai dari terpapar radiasi, hingga mengidap penyakit kanker usus.

“Dengan adanya teknologi yang diciptakan sekarang, saya rasa sulit untuk melindungi para astronot jika mereka kelak pergi ke Mars. Pasalnya, radiasi ion di Mars sangat berat dan berbahaya.”, ungkap Dr Kamal Datta, pimpinan ilmuwan Georgetown University.

“Kami telah mempelajari efek dari radiasi luar angkasa (khususnya Mars) yang bisa berdampak pada organ vital manusia. Dalam hal ini, radiasi yang ada di Mars bisa merusak organ perut manusia.”, ujarnya menerangkan.

“Karena itu, sangat penting bagi kami untuk terus mempelajari dampak ini agar kami bisa melindungi para astronot yang hendak pergi ke Planet Merah.”, lanjut Datta.

Planet Mars

Meski demikian, dampak kesehatan dari perjalanan antariksa yang membawa manusia ke beberapa objek planet hingga kini masih diteliti para ilmuwan.

Rencana kolonisasi manusia ke planet Mars sepertinya memang bakal sulit terealisasi. Pasalnya, para peneliti dari University of Edinburgh, Inggris, juga menemukan adanya kandungan racun pada tanah di planet “merah” itu.

Temuan ini berdasarkan hasil riset tentang perilaku senyawa kimia tertentu dan reaksinya terhadap kehidupan organik saat radiasi ultra violet (UV) diaktifkan. Senyawa kimia yang dimaksud adalah perklorat.

Tim peneliti, sebagaimana dikutip dari Tech Times, Sabtu (5/10/2018), melakukan percobaan untuk melihat reaksi perklorat terhadap baterai Bacillus subtilis. Hasilnya, dalam hitungan menit, bakteri tersebut langsung mati oleh perklorat yang diaktifkan lewat sinar UV tinggi.

Sebagai informasi, perklorat adalah senyawa yang awalnya ditemukan di tanah planet Mars melalui sebuah misi bernama Phoenix Lander pada tahun 2008 silam.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled