Datally, Aplikasi Penghemat Kuota Android Besutan Google

SINYALMAGZ.com – Pada Desember 2017 lalu, Google resmi merilis sebuah aplikasi baru untuk pengguna Android di Indonesia. Diketahui, aplikasi bernama “Datally” ini memang sengaja dihadirkan sebagai fitur canggih yang siap membantu pengguna dalam memantau, bahkan mengontrol pemakaian internet pada perangkat Android.

Hadirnya aplikasi Datally ini tentu tak lepas dari riset yang dilakukan oleh pihak tim Google sebelumnya, yang fokus terhadap para pengguna Android di Indonesia.

Hasilnya, berdasarkan data riset, mayoritas konsumen smartphone di Indonesia ternyata sangat memperhitungkan penggunaan kuota internetnya.

“Pengguna kerap merasa smartphone-nya menyedot internet, tapi tak mengetahui pemakaian kuota internet-nya untuk apa. Untuk itu, Datally hadir agar pengguna tahu dan mengontrol pemakaian internetnya.”, ujar Caesar Sengupta, selaku VP Next Billion Users Google, saat peluncuran Datally di Jakarta.

“Tak cuma itu aja, pengguna dapat menghemat rata-rata data hingga 30 persen dari pemakaian internet dengan Datally. Jadi, dari 30 persen itu pengguna dapat memakainya untuk kebutuhan lain.”, sambung Caesar.

Pada dasarnya, aplikasi Datally ini memiliki cara kerja yang cukup simpel. Dimana sistem kinerjanya adalah dengan mematikan kuota internet yang kerap dipakai sebuah aplikasi secara diam-diam (background).

Setelah itu, pengguna dapat mengatur penggunaan kuota itu ke aplikasi lain yang lebih penting.

Tak hanya itu saja, bahkan kelebihan menarik lainnya yang juga ditawarkan oleh aplikasi Datally ini adalah, pada kebutuhan dalam pencarian Wi-Fi di sekitar pengguna.

Pasalnya, dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna smartphone dapat mengetahui jaringan Wi-Fi mana saja yang berada di dekatnya.

“Fitur ini berfungsi mirip Waze, sebab pengguna dapat memberikan penilaian mengenai kualitas jaringan Wi-Fi di suatu tempat dan membantu pengguna lain mendapatkan jaringan yang lebih baik.”, tutur Caesar.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled