10 Teknologi Digital Ini Bakal Jadi Tren di Tahun 2018

SINYALMAGZ.com – Ericsson baru saja mengumumkan hasil prediksi tren konsumen untuk tahun 2018. Tren ini berisi 10 teknologi digital yang diharapkan konsumen, seiring dengan berkembangnya teknologi internet, cloud, internet of things (IoT), dan komersialisasi 5G dalam beberapa tahun mendatang.

Dikatakan oleh Afrizal Abdul Rahim, selaku Head of Ericsson Consumer Lab South East Asia Oceania and India, di Jakarta bahwa dalam waktu dekat manusia akan semakin berinteraksi dengan teknologi di sekitar mereka dengan menggunakan bahasa tubuh, sentuhan, dan juga gerak tubuh.

Selain itu, nantinya, menurut Afrizal Abdul Rahim, perangkat di waktu yang akan datang akan belajar mengenal manusia.

Dan agar hal itu dapat terwujud, tentunya melibatkan upgrade teknologi yang besar. Dimana nantinya perangkat harus bisa menyampaikan data interaksi manusia yang komplek ke pemrosesan berbasis cloud.

Berikut 10 teknologi digital yang diharapkan akan menjadi tren di tahun 2018.

1. User Interface

Lebih dari separuh pengguna asisten suara cerdas (Intelligent Voice Assistant) saat ini percaya bahwa mereka nantinya akan menggunakan bahasa tubuh, ekspresi, intonasi, dan sentuhan untuk berinteraksi dengan perangkat. Seolah-seolah mereka adalah sesama manusia.

2. Augmented Hearing

Sebanyak 63% konsumen menginginkan earphones yang dapat menerjemahkan bahasa secara real time.

3. Enternal Newbies

Sebanyak 30% pengguna mengatakan bahwa teknologi baru membuat mereka sulit untuk menjaga keterampilan yang mereka miliki agar tetap up to date. Tetapi teknologi juga membuat mereka secara instan menjadi ahli akan sesuatu.

Sementara sebanyak 46% mengatakan, internet memungkinkan mereka untuk belajar dan melupakan keterampilan yang telah mereka miliki lebih cepat dari sebelumnya.

4. Social Broadcasting

Siaran atau penyebarluasan konten media traditional nantinya akan semakin banyak muncul di media sosial.

5. Intelligent Ads

Lebih dari setengah pengguna Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yakin bahwa iklan akan menjadi begitu realistis, sehingga pada akhirnya akan menggantikan produk itu sendiri.

6. Ucanny Communication

Sebanyak 50% berpikir bahwa ketidakmampuan dalam membedakan antara manusia dan mesin akan membuat mereka ketakutan.

Dan sebanyak 40% ketakutan mereka disebabkan oleh smartphone yang dapat beraksi terhadap mood mereka.

7. Leisure Society

Ada ketakutan tentang penggunaan robot yang bakal menggantikan pekerjaan manusia.

Namun di sisi lain, sebanyak 40% konsumen menginginkan robot agar membantu pekerjaannya, sehingga mereka akan memiliki lebih banyak waktu luang.

8. Virtual Reality

Foto akan menjadi seperti sebuah ruangan di masa depan. Dimana teknologi Virtual Reality akan memungkinkan penggunanya berjalan-jalan pada foto-foto mereka, sehingga mampu membangkitkan memori di masa lalu.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled