Begini Cara Request Unlock Bootloader Xiaomi

SINYALMAGZ – Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone yang memiliki kualitas cukup mumpuni. Menariknya, smartphone ini masih bisa “dioprek” perangkatnya untuk mendapatkan kinerja yang lebih mumpuni lagi.

Namun, untuk bisa melakukan modifikasi sitem seperti mengganti custom ROM Xiaomi, melakukan aktifitas rooting, dan modifikasi lainnya, para pengguna harus meng-unlock bootloader Xiaomi.

Lantas, bagaimana cara meng-unlock bootloader Xiaomi?

Sebelum memulai, sebaiknya kamu aktifkan USB debugging Mi A1. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu ketika perangkat Xiaomi tiba-tiba bootlop. Selain itu, pengaktifan mode USB debugging juga berguna untuk instalasi melaui ADB.

Berikut cara mengaktifkan USB debugging dan developer options di semua perangkat Xiaomi:

1. Kunjungi menu “Settings” atau “Pengaturan”, lalu scroll sampai bawah.

2. Pilih “About Phone”, atau jika kamu menggunakan bahasa Indonesia “Tentang Ponsel”.

3. Tap bacaan “MIUI Version” atau “Versi MIUI” sebanyak tujuh kali, sampai ada pemberitahuan bahwa mode pengembang atau developer option sudah diaktifkan.

4. Setelah itu, kembali ke menu “Pengaturan”, di sana terdapat pilihan “Additional Settings” atau “Pengaturan Tambahan”.

5. Klik menu tersebut, kemudian scroll ke bawah, dan pilih “Developer Options” atau “Opsi Pengembang”.

6. Di dalam menu tersebut, kamu akan menemui “USB Debugging”, silahkan pilih untuk mengaktifkan USB debugging Xiaomi.

Setelah USB debugging diaktifkan, kamu tidak perlu takut jika tiba-tiba perangkat Xiaomi mengalami gagal booting atau bootlop. Karena hampir sebagian kasus, beberapa perangkat Xiaomi belum mengaktifkan USB debugging.

Hal ini akan mempersulit teknisi untuk melakukan instal ulang atau flash. Apalagi ketika bootloader-nya belum di unlock.

Lantas, bagaimana cara meng-unlock bootloader Xiaomi Mi A1?

1. Buat “Mi Account”, kamu bisa mendaftar lewat smartphone atau PC.

2. Kemudian kamu dapat mengunjugi link permintaan unlock bootloader Xiaomi semua model.

3. Silahkan log-in menggunakan “Mi Account” yang telah kamu buat sebelumnya.

4. Setelah log-in, klik “Unlock Now”, kamu akan diminta untuk menuliskan beberapa data seperti nama, nomor telepon, serta alasan kenapa kamu ingin men-unlock bootloader.

5. Gunakan nomor telepon yang aktif, karena pihak Xiaomi akan memberikan kode verifikasi dan link untuk men-download tools untuk keperluan unlock bootloader.

6. Kemudian isi alasan yang jelas menggunakan bahasa inggris, contoh: “My Xiaomi (sebutkan perangkat kamu) was bootloop, I should unlock the bootloader to get it back.“

7. Jangan lupa isi kode captcha yang tertera di layar desktop, dan beri centang, “I confirm that I have read and accepted the unlocking Disclaimer.“

8. Setelah semua syarat diisi, langkah selanjutnya klik “Apply Now”, maka pihak Xiaomi akan meninjau ulang permohonan kamu.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled