5 Langkah Membuat Koneksi Jaringan Android Jadi Stabil

SINYALMAGZ – Banyak hal yang sering dikeluhkan oleh para pengguna smartphone Android. Salah satunya adalah mengenai tidak stabilnya sinyal. Perubahan ini biasanya terjadi antara kecepatan koneksi jaringan EDGE, 3G, HSDPA, dan juga 4G LTE.

Misalnya, ketika sedang asyik berselancar di dunia maya dengan kecepatan 4G LTE, tiba-tiba berubah menjadi HSDPA atau EDGE, dan akibatnya kecepatan akses melambat.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu gunakan untuk membuat sinyal smartphone Android kamu menjadi lebih kuat.

Namun perlu diingat, tips ini bukan sebagai penguat sinyal, melainkan bertujuan untuk membuat sinyal menjadi stabil. Umumnya smartphone Android sudah menyediakan menu pengaturan sinyal seperti di dalam fitur Setting, namun ada beberapa Android yang menyembunyikannya.

Jadi, jika kamu kesulitan mencari fitur tersebut, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Hidupkan smartphone Android kamu, lalu jalankan menu Dialler (call), kemudian tekan kode berikut: *#*#4636#*#*.

2. Tanpa harus menekan tombol call, pada layar smartphone akan muncul tampilan informasi berupa Phone Information, Battery Information, Usage Statistis, dan Wi-Fi information. Maka pilih “Phone Information”.

3. Dalam menu “Phone Information” akan tampil semua informasi mengenai IMEI, Phone Number, Netrork, dan koneksi sinyal. Termasuk di dalamnya menampilkan kekuatan sinyal, lokasi, informasi koneksi data internet, dan lain sebagainya.

4. Untuk menguji koneksi sinyal, coba lakukan “Run Ping Tes”, untuk mengganti koneksi jaringan dari ‘Preffered” menjadi “Only”. Pilih menu “Set Preferred Network Type”, tersedia banyak pilihan yang diinginkan WCDMA Preferred, GSM Only (Edge, GPRS), WCDMA Only (HSDPA,HSDPA+,3G), Global, LTE Only, dan lain sebagainya.

5. Jika menginginkan koneksi jaringan Android di HSDPA – 3G, maka pilih pengaturan di “WCDMA Only”, begitu pun sebaliknya. Dan jika ingin mendapatkan koneksi jaringan Android 4G LTE yang lancar, pilih “LTE Only”. Namun kendala pemilihan LTE Only ini kita tidak akan bisa menerima dan melakukan panggilan telepon dan SMS. Lalu “Refresh”, dan tunggu beberapa saat, maka jaringan kamu akan diatur ulang.

Yang perlu diperhatikan adalah, jika kamu berada di lokasi dengan koneksi jaringan Android yang coverage areanya memiliki coverage area 4G LTE dan HSDPA – 3G yang bagus, sebaiknya set LTE Only atau WCDMA Only.

Namun, jika hanya meng-cover jaringan di EDGE – GPRS, maka set ke GSM Only.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled