Tips Memotret Makanan Menggunakan Kamera Ponsel

SinyalMagz.com – Makanan merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mahluk hidup, khususnya manusia. Dan di era berkembang saat ini, dimana semakin pesatnya sosial media seperti sekarang ini, banyak pengguna sosial media memotret makanan, kemudian meng-upload foto makanan tersebut di berbagai jejaring sosial yang mereka gunakan. Sampai-sampai ada istilah, “Difoto dulu, baru dimakan”.

Memotret makanan memang aktifitas yang menyenangkan. Banyak orang yang melakukannya, meskipun mereka bukanlah penggemar fotografi atau fotografer profesional. Meski demikian, memotret makanan tidak bisa asal jepret.

Dengan kata lain, seseorang harus mengerti bagaimana agar hasil foto makanan yang diambilnya membuahkan komposisi yang menarik, sehingga orang lain yang melihatnya tertarik untuk segera membelinya.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Yuk, ikuti tips ringkas di bawah ini.

1. Perhatikan penataan makanan

Perlu kamu ketahui bahwa memotret makanan dengan porsi yang banyak sangat tidak menarik. Maka hal yang pertama harus kamu lakukan adalah styling dengan menggunakan kesan minimalis, ditambah berbagai aksesoris pemanis.

Misalnya, cukup sepotong makanan lezat menggunakan ruang putih pada piring. Kemudian letakkan vas bunga, taplak meja menarik, botol garam atau merica yang biasa tersedia di meja makan.

Lihat hasilnya, dijamin akan lebih elegan karena detail makanan akan terlihat jelas!

2. Pencahayaan

Cobalah berpikir tentang apa saja yang bisa mendukung agar makanan terlihat lebih lezat dan menarik. Misalnya, pengaturan cahaya.

Biasanya, makanan akan nampak lebih menggiurkan ketika mendapat akses pencahayaan yang melimpah. Warna dari makanan tersebut pun akan muncul dengan baik berkat adanya dukungan dari cahaya yang terang.

3. Perhatikan angle-nya

Pikirkan juga apa yang membuat subjek benar-benar terlihat lezat. Dan hal ini hanya akan didapat jika kamu mengambil angle pemotretan dengan tepat.

Kamu bisa mengambil angle dari samping, atas, atau melintang, namun dengan tetap menonjolkan kelezatan makanan tersebut.

4. Minimalis

Blogger makanan vegetarian dan penulis “Bowls of Goodness”, Nina Olsen, menganjurkan untuk mengusung konsep minimalis saat memotret makanan. Dia menghindari terlalu banyak pola dan dekorasi, agar fokus tetap pada makanan.

Hasilnya, terlihat sangat sederhana, tapi elegan!

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled