Pengguna Twitter Diminta Untuk Ganti Password

SinyalMagz.com – Twitter dikabarkan baru saja melakukan investigasi. Dan di saat investigasi, mereka menemukan bug (celah keamanan) dalam sistem log-in pada 336 juta akun penggunanya. Hal inilah yang pada akhirnya membuat perusahaan memperingatkan kepada 336 juta pengguna Twitter untuk segera mengganti password atau kata sandi akunnya.

“Saat Anda menyetel password untuk akun Twitter, kami memakai teknologi untuk menyamarkannya, sehingga tidak bisa dilihat oleh siapa pun di lingkup internal perusahaan.”, ujar Parag Agrawal, selaku CTO Twitter, dalam sebuah posting blog resmi Twitter.

“Kami belakangan menemukan bahwa ada bug yang menyebabkan password disimpan tanpa disamarkan.”, lanjut Agrawal.

Dilaporkan The Guardian, banyak pengguna yang mendapati layar berwarna biru ketika mencoba masuk ke akun Twitter. Dan setelah satu jam berlalu, banyak laporan keluhan mengenai peristiwa itu dari berbagai negara.

Dilaporkan, sekitar 72% pengguna tidak dapat mengakses Twitter. Sementara 17% melaporkan masalah dengan aplikasi Android. Dan sisanya sekitar 10% melaporkan masalah dengan aplikasi Twitter iOS.

Hanya saja, dalam hasil investigasi itu tidak menemukan adanya indikasi tercurinya kata sandi dari manajemen. Meski demikian, pengubahan kata sandi atau password dirasa penting oleh manajemen Twitter.

Jack Dorsey, selaku pendiri Twitter, menuturkan bahwa bug di Twitter dalam sistem privasinya ditemukan pada saat pengguna memasukkan kata sandi, catatan data kata sandi pengguna tersimpan tanpa disamarkan di internal log.

Ditegaskan Jack Dorsey, oleh sebab itu perusahaan menyarankan pengguna Twitter untuk segera mengganti password sebagai tindakan antisipatif. Bukan karena suatu peretasan. namun demi keamanan bersama.

Saat ini tidak jelas berapa banyak kata sandi yang terdaftar di log internal tersebut. Salah satunya milik pengguna paling terkenal di Twitter, yakni Presiden Donald Trump.

Dilansir dari laman Twitter Blog, berikut adalah langkah-langkah penting dalam mengamankan akun Twitter.

Pertama adalah, segera ubah/ganti kata sandi, terutama untuk menghindari akun yang memiliki kata sandi yang sama.

Kedua, gunakan kata sandi yang berbeda dari kata sandi akun kamu dari situs lainnya.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled