Dengan Alat Kecil Ini, Kamu Bisa Ubah Smartphone Jadi Mikroskop

SinyalMagz.com – Kamu pasti tahu mikroskop kan? Ya, salah satu alat bantu yang sering digunakan oleh para dokter, medis, ataupun tim laboratorium untuk mendapatkan pembesaran visual ribuan kali dari sebuah objek yang sedang mereka teliti.

Tapi percayakah kamu, bahwa kini ada sebuah aksesoris mungil yang memungkinkan kamu untuk memotret dengan tingkat “mikroskopis” dan sangat detail hanya dengan melalui iPhone?

Seperti dilansir dari Gizmodo, aksesoris yang dinamakan “iMicroscope R” ini dapat mengubah fungsi kamera pada smartphone menjadi mikroskop. Artinya, smartphone kamu dapat diubah menjadi mikroskop.

Menariknya, alat ini juga dapat dipasang pada smartphone jenis apapun, karena ukurannya yang sangat pas.

Ukurannya sangat kecil, yaitu 25 mm x 32 mm x 4,5 mm. Sehingga sangat praktis untuk disematkan di lubang kamera smartphone, tanpa banyak menambah besaran dimensi smartphone tersebut.

iMicroscope R sendiri dikembangkan oleh vendor asal Tiongkok bernama i-Seeing. Sementara cara menggunakan alat ini cukup sederhana. Dimana kamu hanya perlu meletakkan iMicroscope R ini di bagian kamera belakang. Maka alat ini akan menempel dengan kuat pada cassing belakang smartphone, karena memliki sistem magnetik.

Sementara untuk mengaktifkannya, cukup tekan tombol yang berada di bagian samping iMicroscope R. Maka secara otomatis lensa kamera smartphone kamu akan segera memiliki kemampuan seperti sebuah mikroskop sungguhan.

Dan tentu saja, agar hasilnya menjadi lebih bagus, maka smartphone yang kamu gunakan juga harus memiliki kualitas kamera yang bagus pula.

Menurut informasi yang dibagikan di website resminya, iMicroscope R bahkan sanggup menangkap detail bulu-bulu halus seekor tawon, detail bentuk sisik ular, duri halus di kaki jangkrik, hingga guratan-guratan sangat tipis di kornea mata manusia.

iMicroscope R juga sudah dilengkapi dengan aplikasi untuk menangkap gambar serta mengatur skala. Jadi, obyek kecil yang dilihat bisa dipotret dengan tingkat perbesaran (zoom) sebesar 320 kali.

Meski demikian, alat ini sangat kompatibel untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Sehingga sangat disarankan bagi pengguna untuk mengoptimalkan hasil kamera. Artinya, gunakanlah smartphone atau tablet yang memiliki kamera dengan resolusi besar.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled