Tips Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Sinyal.co.id – Ada banyak alasan untuk beralih ke smartphone yang baru. Entah itu smartphone lama tiba-tiba rusak atau sudah terlalu ketinggalan zaman sehingga tidak kompatibel dengan banyak aplikasi. Atau hanya sekedar ingin selalu menggunakan smartphone terkini alias tidak ingin ketinggalan mode. Lalu bagaimana cara memilih smartphone yang tepat?

Saat ini pilihan smartphone semakin beragam. Pada setiap kategori pun ada yang menjadi andalan, baik itu entry level  atau low-end sampai kategori high-end.

Hal terpenting yang dilakukan sebelum membeli smartphone adalah mengetahui kebutuhan akan penggunaan smartphone tersebut.

Dengan demikian tinggal menyesuaikan saja antara kebutuhan dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang disediakan oleh pilihan smartphone.

#1. Memilih Sistem Operasi

Saat ini pilihan sistem operasi yang mendominasi pasar smartphone adalah Android dan iOS, sehingga pilihannya pun mudah.

Apalagi beberapa waktu lalu sudah muncul pemberitaan bahwa Microsoft sudah menghentikan dukungan untuk platform Windows Phone.

Pada dasarnya Android dan iOS memiliki fitur yang hampir sama. Berbagai aplikasi favorit seperti Facebook dan Instagram dapat berjalan dengan baik pada kedua platform tersebut.

Kedua sistem operasi memiliki fitur-fitur fundamental yang sama, sehingga dapat melakukan banyak hal yang ingin dilakukan pada smartphone modern saat ini.

Namun demikian Android lebih mudah untuk diotak-atik. Bahkan bisa mengubah aplikasi SMS atau perambah internet bawaan.

Seluruh icon dan widget pada Android dapat diubah untuk membuat antar muka yang benar-benar bisa disesuaikan dengan selera.

Aplikasi pun bisa menjadi bagian yang lebih dalam dari smartphone. Sementara iPhone tak membiarkan aplikasi mengubah sistem secara mendalam.

iOS lebih membatasi apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi dan pengguna pada iPhone. Hal ini dilakukan agar pengguna memperoleh pengalaman memakai perangkat tersebut dengan mulus.

iPhone juga dirancang untuk bekerja dengan perangkat Apple lain seperti MacBooks dan Apple Watch. Namun perangkat tersebut memang tetap bisa disinkronisasi dengan iTunes pada Windows.

Pertimbangkan juga mengenai kebiasaan menggunakan ekosistem. Apakah lebih terbiasa memakai ekosistem Google atau layanan-layanan Apple?

Jadi saat memilih sistem operasi mana yang cocok, pikirkan mengenai aplikasi, platform dan perangkat lain yang akank digunakan berdampingan dengan smartphone Anda.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled